Wednesday, February 2, 2011

Makna dari sebuah Pelukan

Welcome February.......!!!

Datangnya bulan februari selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang di seluruh dunia terutama oleh kaum muda. Kenapa?? karena februari identik dengan Hari Valentine, makanya enggak heran kalau Februari disebut sebagai bulan penuh kasih sayang. 
Kasih sayang tidak selamanya diwujudkan dengan memberi coklat atau bunga saat Valentine. Kasih sayang bisa kita tunjukkan kepada orang-orang yang kita sayangi setiap hari melalui tindakan kecil yang memberikan makna mendalam, salah satunya dengan PELUKAN.
Jangan pernah menganggap remeh kekuatan dari sebuah pelukan, walaupun hanya dilakukan selama beberapa menit, sebuah pelukan dapat memberikan efek yang dashyat banget.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departmen of Psychiatry di Amerika, pelukan dapat menurunkan tekanan darah, tingkat stress dan resiko serangan jantung, selain itu penelitian lain di Universitas New York membuktikan bahwa pelukan bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke jaringan tubuh.
Terinspirasi setelah membaca suatu majalah, kali ini ingin sharing makna dari sebuah pelukan. Sebuah pelukan bisa berarti....
1. Ungkapan Cinta
    Rasa cinta kita kepada keluarga, pacar, sahabat dan orang-orang yang kita sayangi, bisa kita ungkapan melalui pelukan yang hangat dan tulus.
2. Kamu tidak sendiri
    Sebuah pelukan yang kita berikan kepada seseorang yang sedang dalam kondisi down bisa menjadi bentuk dukungan kita kepada orang tersebut. Melalui pelukan, kita bisa menunjukkan bahwa kita selalu ada dan care kepadanya.
3. Kenyamanan
    Pelukan bisa membuat seseorang yang dipeluk maupun yang memeluk merasa nyaman dan aman. Hal ini disebabkan oleh sentuhan dan rasa hangat di kulit saat pelukan yang membuat kita menjadi rileks. Kebayangkan rasanya jika dipeluk oleh orang yang kita sayangi dan menyayangi kita?
4. Berbagi Energi
    Berbagi energi dan semangat kepada orang lain saat menghadapi suatu perlombaan atau ujian, bisa kita lakukan lewat sebuah pelukan.
5. Pengganti Kata-kata
    Kalau kamu merasa tidak bisa mengungkapkan sesuatu melalui kata-kata, maka memberikan suatu pelukan sudah cukup untuk mengatakan apa yang kamu rasain kepada seseorang, misalnya ungkapan penghiburan untuk orang yang sedang berduka atau rasa terima kasih yang besar banget kepada seseorang yang telah menolong kita. Tidak jarang body languange memberikan makna yang lebih dalam daripada rangkaian kata-kata manis.

Setelah tahu makna dari sebuah pelukan, mulai dari sekarang kita bisa menunjukkan kasih sayang kita setiap hari walaupun kita tidak memiliki sebuah kado yang bisa kita kasih kepada orang tersebut, yang penting pelukan yang kita berikan dilakukan di tempat yang sesuai dan kepada orang yang tepat. :D

Happy Hugging.......!!!

5 comments:

Dwija Bawa Temaja said...
This comment has been removed by the author.
Rhyfhad said...

memang rasanya di peluk itu membuat kita tentram dan membuat hati geli ..
pokoknya tidak bisa di ungkapkan dengan kata" ..

Putu Bali said...
This comment has been removed by the author.
Putu Bali said...

Saat berpelukan, tubuh melepaskan oksitosin, hormon yang berhubungan dengan perasaan damai dan cinta. Hormon oksitosin ini membuat jantung dan pikiran sehat. Hormon oksitosin ini baru bisa keluar jika manusia memiliki kehidupan sehat, merasa damai, dan tentram. Oksitosin dilepaskan dari otak yang nantinya memunculkan perasaan bahagia dan tidak stres. Nah, perasaan inilah yang akan memberi manfaat positif terhadap hubungan.

RAGHA said...

3. Kenyamanan
Pelukan bisa membuat seseorang yang dipeluk maupun yang memeluk merasa nyaman dan aman. Hal ini disebabkan oleh sentuhan dan rasa hangat di kulit saat pelukan yang membuat kita menjadi rileks. Kebayangkan rasanya jika dipeluk oleh orang yang kita sayangi dan menyayangi kita?

Ya...saya sangat setuju sekali...sebagai perantau momen itu adalah yang sangat2 saya tunggu ketika pulang ke rumah....

Post a Comment